ABOUT SSL CERTIFICATES
Service Ac Surabaya
CV.ANUGERAH TEKNIK ABADI bergerak dibidang ; jasa,perawatan , perbaikan dan pengadaan air conditioners | Terima: Service ac split, window, standing floor, cassete dll Bongkar pasang( pindah lokasi tempat) Perbaikan, rekondisi, over houl. Isi freon, tambah oli dll | Area kerja jawa timur. Melayani kontrak kerja pada Rumah tangga, yayasan, kantor, warnet, pabrik, penginapan dll berGaransi, kerja ditempat, pengalaman, alat lengkap, ramah dan aman. Kami melayani semua merk, dengan standar spesifikasi sesuai pabrikannya, menjamin, pelayanan kami tidak akan membebani kelebihan ongkos yang harus dikeluarkan. Dengan pengalaman puluhan tahun dalam bidang Service AC,freezer,showcase,mesin cuci, maka kami yakin dapat memberikan pelayanan terbaik untuk Anda

LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra



[21:07] <onan> yang saya ngga bisa lihat/ngga ada hasilnya cat /proc/meminfo
[21:07] <@the_hydra> v4mp1r3_r00t: swap gak berhubungan dengan issue ini
[21:08] <zZzZ> "mapping langsung ke area kernel" ??
[21:08] <@the_hydra> onan: ada yang aneh, coba ketik lagi
[21:08] <+Penguin-Metal> onan: pake OS apa ?
[21:08] <onan> hasilnya yang tadi itu Kakak.
[21:08] <Xathrya> 32 bit bisa mengenali 1GB? trus kalo lebih dari itu nggak bisa diakses gitu? ato gmn?
[21:08] <@the_hydra> zZzZ: begini, pikirkan bahwa kernel itu ibarat peta
[21:08] <v4mp1r3_r00t> onan : ubuntu???
03[21:08] * firdaus (~firdaus@180.241.106.72) has joined #h-c
[21:08] <onan> SLitaz
[21:08] <zZzZ> ya
[21:08] <@the_hydra> zZzZ: nah, dalam peta, kita cuma bisa melihat area yang dipetakan, betul gak?
[21:08] <Xathrya> ya
[21:08] <zZzZ> yups betuls
[21:08] <north> tanya mas, kalau misalkan kita pakai ram 512 bagaimana?
[21:09] <@the_hydra> zZzZ: nah ini sama, kernel cuma bisa memetakan sampe 1 GB diskon 128 MB
[21:09] <@the_hydra> north: berarti no problem, semua bisa dikenali tanpa perlu config apapun
[21:10] <@the_hydra> ok, saya lanjut dulu
[21:10] <Xathrya> sip
[21:10] <@the_hydra> problemnya adalah, jaman skrgmemory udah bengkak
[21:10] <v4mp1r3_r00t> <the_hydra> klo yg pke 4GB gmn om??
[21:10] <@the_hydra> 512 M kadang udah dianggap kecil
[21:10] <zZzZ> manteps jd tmbah ngerti
[21:10] <@the_hydra> rata2x minim skrg 1 GB
[21:10] <@the_hydra> 2 GB udah umum
[21:10] <@the_hydra> malah 4 GB dst
[21:10] <@the_hydra> nah kernel cuma 896 MB, terus gmn?
[21:11] <+T0L3> om kek alokasi ches ya :)
[21:11] <@the_hydra> untuk mengatasinya, sampai dengan 4 GB, kernel menggunakan trick yang disebut high memory mapping
02[21:11] * Guest40172 (~aya@39.208.254.131) Quit (Read error: Connection reset by peer )
[21:12] <@the_hydra> jadi balik pada analogi peta tadi, caranya adalah sebagian dari area diatas 896 MB ini dimasukkan pada peta berdasarkan keperluan
02[21:12] * firdaus (~firdaus@180.241.106.72) Quit (Client Quit )
[21:12] <@the_hydra> perlu diperhatikan bahwa BIOS tetap mengenali memory secara total, disini yang kita fokuskan adalah hubungan kernel dengan manajemen memory
03[21:12] * pcOrang (~pcOrang@203.80.12.116) has left #h-c
03[21:12] * mat_batak (~mamat@unaffiliated/mat-batak/x-2044584) has joined #h-c
03[21:12] * said (ca98cc3c@gateway/web/freenode/ip.202.152.204.60) has joined #h-c
03[21:13] * ChanServ sets mode: +v mat_batak
[21:13] <@the_hydra> jadi misal begini, aplikasi udah ngabisin 896 MB, butuh lebih...maka kernel akan mengalokasikan lagi pada areadiatas 896 MB...
[21:13] <@the_hydra> step nya kira2x demikian:
[21:13] <@the_hydra> 1. lakukan temporary high mapping, mapping ini akan masuk pada area 128 MB yang tadi saya sebutkan di reservasi
[21:13] <@the_hydra> 2. mapping ini lalu akan diserahterimakan pada aplikasi yang meminta
[21:14] <@the_hydra> 3. mapping lalu "dioper" dari yang awalnya di kernel space, lalu masuk ke user space
03[21:14] * ketem (67f72a72@gateway/web/freenode/ip.103.247.42.114) has joined #h-c
[21:14] <@the_hydra> jadi kalau di dunia nyata, kayak balik nama mobil/motor, dari pengguna A ke B
[21:15] <@the_hydra> di user space, ruangnya lebih lega, karena pada 32 bit, tiap program dapat ruang sebesar kurang lebih 3 GB
03[21:15] * watermelon (724f0c2d@gateway/web/freenode/ip.114.79.12.45) has joined #h-c
[21:15] <@the_hydra> riilnya sih kurang dari itu, karena udah kepangkas stack, mapping library dst
[21:15] <watermelon> i'm comingggg
[21:15] <@the_hydra> questions? silahkan
[21:15] <patusacyber> mau nanya pak
[21:15] <@the_hydra> patusacyber: silahkan
[21:15] <herrie> klu kernel 64 bit bisa sampe memory berapa GB y?
[21:16] <patusacyber> sewaktu saya coba di server saya,, tertulis memori saya 2071588 kb
[21:16] <@the_hydra> aslinya 2^64 byte
[21:16] <patusacyber> pas dicheck langsung nyedot 1468524 kb + buffer 200392. atau pas di check make command free, yang kepake 1954820.
[21:16] <patusacyber> padahal baru nginstall web server + sql + php5 doang
[21:16] <@the_hydra> tapi kenyataannya, karena kepangkas alokasi page table dst, kira2x melorot jadi sekitar 256 - 512 GB...sekitar itulah
[21:16] <patusacyber> apa itu normal? os nya centos 6
03[21:16] * ekawithoutyou (~eka@subs05-223-255-224-8.three.co.id) has joined #h-c
02[21:17] * don2103 (cb4e7b81@gateway/web/freenode/ip.203.78.123.129) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[21:17] <@the_hydra> patusacyber: itu nanti dulu, saya ngebahas soal memory yang dikenali di field memtotal
[21:17] <Xathrya> sebenernya definisi user space itu apa ya?
[21:17] <patusacyber> maap kalo OOT :D
[21:17] <@the_hydra> Xathrya: dalam terminologi memory management, address space itu dipecah menjadi dua
[21:17] <Xathrya> area yang bukan ditangani kernel gitu?
[21:18] <@the_hydra> Xathrya: yaitu user space, area yang ditempati aplikasi
[21:18] <@the_hydra> Xathrya: dan kernel space, yang ditempati kernel
[21:18] <watermelon> @Xathrya: dalam user space itu area memory virtual yg di petakan ke process
02[21:18] * +mat_batak (~mamat@unaffiliated/mat-batak/x-2044584) Quit (Read error: Connection reset by peer )
[21:18] <Pemantau> watermelon: Error: "Xathrya:" is not a valid command.
[21:18] <@the_hydra> Xathrya: dalam sistem 32 bit, karena ruang memory nya 4 GB, maka dengan memory split 3:1, maka user space dapet 3 GB
[21:18] <@the_hydra> kernel dapat 1 GB
[21:18] <@the_hydra> perhatikan ini adalah addressing, bukan berdasar memory yang dimiliki
02[21:19] * d3ni4l (70d7424b@gateway/web/freenode/ip.112.215.66.75) Quit (Quit: Page closed )
[21:19] <Xathrya> oh gitu
[21:19] <@the_hydra> jadi RAM bisa aja 256 MB
[21:19] <@the_hydra> tp memory split tetap 3 GB : 1 GB
03[21:19] * agus_sintang (~quassel@202.46.129.62) has joined #h-c
02[21:19] * agus_sintang (~quassel@202.46.129.62) Quit (Changing host )
03[21:19] * agus_sintang (~quassel@unaffiliated/agus-sintang/x-8163995) has joined #h-c
[21:19] <papacrazy_> klo memory 1 GB user space nya berapa om ?
03[21:19] * pusing85 (~gunawan@noc.qiandra.net.id) has joined #h-c
[21:19] <@the_hydra> tetap 3 GB di sistem 32 bit
[21:20] <pusing85> maaf telat
[21:20] <watermelon> papacrazy_: physical memory ama virtual memory itu beda
[21:20] <Xathrya> jadi kalo memory split 3 : 1 untuk RAM 256 kernel dapetnya sekitar 80MB gitu?
03[21:20] * sangpenguasa (724f3bf2@gateway/web/freenode/ip.114.79.59.242) has joined #h-c
[21:20] <@the_hydra> Xathrya: tergantung kebutuhan
[21:20] <Xathrya> oh
[21:20] <watermelon> Xathrya: split 3:1, per process tetap nampak 3GB:1GB
[21:20] <@the_hydra> Xathrya: alokasi memory di OS mengikuti prinsip on demand
02[21:20] * angsarii (724f3253@gateway/web/freenode/ip.114.79.50.83) Quit (Quit: Page closed )
[21:20] <@the_hydra> Xathrya: jadi bukan patokan harga mati
[21:21] <watermelon> apapun itu jumlah physical memory nya
03[21:21] * linaleru (b4f76771@gateway/web/freenode/ip.180.247.103.113) has joined #h-c
[21:21] <@the_hydra> orang OS menyebutnya demand paging
[21:21] <sangpenguasa> shu_shu BOT
[21:21] <@the_hydra> ini ibarat orang punya luas tanah 1000 m2
[21:21] <@the_hydra> apa rumahnya harus 1000m2? tentu tidak
[21:21] <@the_hydra> 1000m2 adalah address space
[21:22] <ketem> terus kalo user space 64 bit berapa pak ?
[21:22] <@the_hydra> rumah nya nanti luasnya berapa, itulah memory riil yang terpakai
03[21:22] * alfiansyah_TKJ (7da7ed6b@gateway/web/freenode/ip.125.167.237.107) has joined #h-c
[21:22] <@the_hydra> ketem: saya terus terang kurang tau
[21:22] <@the_hydra> ketem: tapi saya kira jauh lebih besar dari 3 GB
[21:23] <@the_hydra> ok saya lanjut
[21:23] <@Mulyana> ok
02[21:23] * said (ca98cc3c@gateway/web/freenode/ip.202.152.204.60) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[21:23] <danz0> nanaya pak, apa ada semacam priority gtu buat alokasi itu pak? antara kernel ama aplikasi?
03[21:23] * mat_batak (~mamat@114.79.54.72) has joined #h-c
[21:23] <@the_hydra> ini di Linux, agar mengenali sampai 4 GB, perlu diaktifkan high memory mapping
[21:24] <@the_hydra> CONFIG_HIGHMEM4G=y
[21:24] <@the_hydra> silahkan dicari itu saat config kernel
[21:24] <@the_hydra> untungnya kernel default semua distro yang saya tahu udah default memakai itu
[21:24] <@Mulyana> .
[21:24] <papacrazy_> maaf pak nyelak
[21:24] <papacrazy_> apakah BSD termasuk ?
[21:24] <@the_hydra> itupun jg jangan kaget jika gak pas 4 G yang dikenali, karena secara hard ware ada reservasi2x memory, misalnya untuk video memory mapping
[21:25] <@the_hydra> papacrazy_: saya gak ngerti kernel BSD :)
[21:25] <onan> segment mappings? maksudnya apa Kakak?
[21:25] <watermelon> BSD juga ada kok
[21:25] <@the_hydra> onan: kayaknya saya gak nyebut segment mapping deh
[21:25] <watermelon> aktifin aja PAE
[21:26] <ketem> kalo vps gimana pak ?
[21:26] <@the_hydra> nah skrg, untuk memory diatas 4 GB, ini yang ribet
02[21:26] * atav4r (~atav4r@103.3.222.143) Quit (Quit: Leaving )
[21:26] <@the_hydra> karena secara address space, 2^32 = 4 GB
[21:26] <@the_hydra> solusinya pada processor adalah aktivasi PAE
[21:26] <@the_hydra> Physical Address Extension
03[21:26] * sapibali (b60b3abf@gateway/web/freenode/ip.182.11.58.191) has joined #h-c
[21:26] <@the_hydra> ini adalah tambahan 2 bit addressing di processor
[21:26] <onan> maksudnya saya nanya segment mappings Kakak? apa ada hubungannya sama yang lagi dibahas sekarang?
[21:27] <@the_hydra> sehingga totalnya skrg adalah 2 ^ (32+2) = 64 GB
[21:27] <@the_hydra> onan: segment mapping pada real mode addressing?
[21:27] <@the_hydra> onan: sepertinya OOT, tapi nanti bolehlah dibahas peer to peer
[21:27] <sangpenguasa> mantap
[21:27] <sangpenguasa> P2P
[21:27] <@the_hydra> CONFIG_HIGHMEM64G
03[21:28] * +saa7_go (~saa7_go@unaffiliated/saa7-go/x-7436046) has left #h-c
[21:28] <sangpenguasa> lanjut mz
[21:28] <onan> lanjut saja Kakak. maaf kalau OOT. nyimak.
[21:28] <@the_hydra> tinggal dicari confignya dikernel, itu untuk aktivasi PAE
[21:28] <@the_hydra> grep pae /proc/cpuinfo
[21:28] <@the_hydra> jika tidak ada kata "pae" di baris flags, maka processor anda gak support PAE
[21:28] <@the_hydra> onan: gpp, ilmu saya jg masih pas pasan
[21:29] <@the_hydra> intinya disini jelas, jika ingin scalable support memory sebesar besarnya, invest lah di processor 64 bit
[21:29] <@the_hydra> entah itu Xeon atau  AMD (lupa nama serinya)
[21:29] <+T0L3> amd x86
[21:30] <@the_hydra> 64 bit disini bisa yang IA 64 atau x64
[21:30] <+T0L3> seir 4000 sekian
[21:30] <+T0L3> ada
[21:30] <@the_hydra> tapi sayangnya Itanium kurang berkembang
03[21:30] * atav4r (~atav4r@103.3.222.143) has joined #h-c
[21:30] <@the_hydra> ok, questions again?
[21:30] <pusing85> tanya: config kernel itu kapan ya pak...??
[21:31] <papacrazy_> ini ane ada pae nya om berarti support dong
[21:31] <@the_hydra> pusing85: donwload source nya dulu
[21:31] <zZzZ> "high memory mapping" buat mengenali 4gb ? atau supaya "aplikasi udah ngabisin 896 MB, butuh lebih...maka kernel akan mengalokasikan lagi pada areadiatas 896 MB" ?
[21:31] <@the_hydra> lalu config lewat command : make menuconfig
[21:31] <north> kalo ada pae nggak support
[21:31] <pusing85> waduh... g jangkau nih ilmu saya
[21:31] <pusing85> lanjut
[21:31] <@the_hydra> zZzZ: high memory mapping itu teknik
[21:32] <danz0> apa ada keuntungan lain kalo misal g aktifin high mem mapping pak?
[21:32] <@the_hydra> zZzZ: awalnya diperkenalkan oleh Andrea Arcaengeli, skrg di SuSE Gmbh
[21:32] <v4mp1r3_r00t> pak klo melihat support n ngg nya itu gmna???
[21:32] <+T0L3> satu2 mas
[21:32] <+T0L3> (Y)
[21:32] <v4mp1r3_r00t> 3.2.0-24-generic-pae <== apakah ini support??
[21:32] <@the_hydra> zZzZ: dari step yang saya jelaskan diatas, jelas akan ada slowdown sekian persen, karena perlu ada perantaraan
[21:32] <zZzZ> (y)
[21:33] <papacrazy_> north : kata om @the_hydra | jika tidak ada kata "pae" di baris flags, maka processor anda gak support PAE
02[21:33] * +anak10thn (724f3fe4@gateway/web/freenode/ip.114.79.63.228) Quit (Quit: Page closed )
[21:33] <@the_hydra> v4mp1r3_r00t: itu baru nama kernelnya, soal support cek /proc/cpuinfo
[21:33] <v4mp1r3_r00t> owh,,,sip pak
[21:33] <@the_hydra> jadi mohon bedakan nama kernel berembel2x PAE dengan processor support PAE
[21:34] <@the_hydra> zZzZ: jika ingin zero slowdown saat alokasi memory, itu tandanya butuh 64 bit
[21:34] <@the_hydra> zZzZ: karena memory kan ke mapping semua, kagak perlu nangkring bentar di area 128 MB di kernel
03[21:34] * opick (724f035c@gateway/web/freenode/ip.114.79.3.92) has joined #h-c
[21:35] <@the_hydra> ok, saya lanjut soal swap dulu
03[21:35] * Zoid_17 (cab636f1@gateway/web/freenode/ip.202.182.54.241) has joined #h-c
[21:35] <zZzZ> " jika ingin zero slowdown saat alokasi memory, itu tandanya butuh 64 bit" mantap, catat dlu
[21:35] <@the_hydra> ini mungkin rada gampang
03[21:35] * shadow7777 (6e894f80@gateway/web/freenode/ip.110.137.79.128) has joined #h-c
[21:35] <Zoid_17> siapa kalian ?
[21:35] <@the_hydra> swap adalah area yang menampung memory (atau persisnya page) yang di page out dari RAM
[21:35] <Zoid_17> ada apa ini
[21:35] <Zoid_17> tolong aku
[21:35] <doddy> fungsi tehnik ini untuk apa mas the_hydra
[21:35] <@the_hydra> doddy: teknik apakah?
[21:36] <@the_hydra> doddy: maaf mungkin saya lanjut dulu
03[21:36] * Zoid_17 was kicked by Mulyana (Kick! )
03[21:36] * Goberz (cb4e7b97@gateway/web/freenode/ip.203.78.123.151) has joined #h-c
[21:36] <doddy> high mem mapping.. silahkan dilanjut aja
[21:36] <@the_hydra> swap yang dikenali adalah yang dikenali, baik karena tercantum di /etc/fstab atau diaktivasi manual lewat perintah swapon
[21:36] <shadow7777> om shu ...........
02[21:37] * alfiansyah_TKJ (7da7ed6b@gateway/web/freenode/ip.125.167.237.107) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[21:37] <@the_hydra> mungkin yang membingungkan, apa itu swap cached
[21:37] <@the_hydra> yang kira2x harafiahnya, swap yang di cache
[21:37] <@the_hydra> nah, ngapain swap di cache?
[21:38] <@the_hydra> mudahnya adalah, ini teknik untuk mengatasi keadaan dimana terjadi swap out, lalu swap in, lalu swap out lagi
[21:38] <Xathrya> hmmm baru denger swap di-cache
03[21:38] * joni__ (b4fbb01f@gateway/web/freenode/ip.180.251.176.31) has joined #h-c
03[21:38] * Zoid_17 (cab636f1@gateway/web/freenode/ip.202.182.54.241) has joined #h-c
[21:38] <@the_hydra> jika terjadi swap out, lalu di swap in lagi lalu cepet2x di delete dari area swap, maka saat ada swap out lagi, terjadi I/O
[21:38] <@the_hydra> bener gak?
[21:38] <zZzZ> (y)
[21:39] <Xathrya> ya
[21:39] <v4mp1r3_r00t> yap
[21:39] <@the_hydra> oleh karenanya, untuk optimasi, dengan algoritma tertentu, area2x tertentu yang di swap in gak buru2x di delete, tp di cache
[21:39] <@the_hydra> jadi saat ada swap out, ya udah gampang, ambil aja dari swap cache di swap :)
02[21:39] * ekawithoutyou (~eka@subs05-223-255-224-8.three.co.id) Quit (Ping timeout: 255 seconds )
[21:39] <onan> round-robin?
[21:39] <@the_hydra> dalam keadaan tertentu, memang nilai swap cache ini kecil, sering kali nol
[21:40] <@the_hydra> onan: kurang tahu saya algoritmanya
[21:40] <@the_hydra> mungkin LRU
[21:40] <@the_hydra> least recently used
[21:40] <@the_hydra> campur sama aging
[21:40] <@confus3d> round robin gives a specified amount of time to a process
[21:40] <v4mp1r3_r00t> owhh
[21:40] <@confus3d> it may get 5 ms,then thenext one will be processed
[21:40] <@confus3d> if the job isn't finished, it will get 10ms, then 20 until the process finishes
[21:41] <@the_hydra> semuanya ini terjadi secara dinamis, jadi teman2x tidak perlu intervensi apapun
[21:41] <onan> roll in/roll out  apakah sama dengan swap out/swap in pengertiannya Kak?
[21:41] <@the_hydra> mengenai swap, skrg formula swap = 2.5x RAM tidak perlu selalu diikuti
[21:42] <@the_hydra> karena swap yang besar jg memakan area RAM, sebabnya adalah perlunya mapping tertentu
[21:42] <@the_hydra> onan: saya kurang familiar ada istilah roll in/out di kernel Linux
[21:42] <@the_hydra> jadi misal RAM kita 32 GB, ya jangan dihajar swap 64 GB
03[21:42] * b1t (70d7422f@gateway/web/freenode/ip.112.215.66.47) has left #h-c
03[21:42] * aan (670a4009@gateway/web/freenode/ip.103.10.64.9) has joined #h-c
[21:43] <@the_hydra> silahkan jika ada pertanyaan lagi
[21:43] <herrie> jadi sebaiknya ukuran swap berap kali ukuran RAM?
[21:43] <@the_hydra> untuk RAM dibawah 4 GB, silahkan pake rumusan 2.5x
[21:43] <watermelon> herrie: 1.5x
[21:43] <@the_hydra> tapi diatas itu, sesuaikan aja ama kebutuhan
02[21:43] * agus_sintang (~quassel@unaffiliated/agus-sintang/x-8163995) Quit (Remote host closed the connection )
[21:44] <v4mp1r3_r00t> 2.5x RAM  <== maksudnya gmna pak??
[21:44] <@the_hydra> misal RAM 1 GB
[21:44] <@the_hydra> maka swap 2 1/2 GB
[21:44] <@the_hydra> oh iya, swap usahakan ditaruh beda disk dengan root filesystem
02[21:44] * atav4r (~atav4r@103.3.222.143) Quit (Read error: Connection reset by peer )
[21:44] <Goberz> kalo kita gak pake swap pas instalasi ngaruh gak
[21:44] <linaleru> boleh nggak lebih kecil dari itu
[21:44] <@the_hydra> dengan demikian, bisa terjadi paralelisme I/O
[21:45] <@the_hydra> Goberz: asal memory besar, silahkan
[21:45] <sangpenguasa> klw freeSpace HDnya tinggal dikit gmana . . . . apam harus dibagi
03[21:45] * endox_ceplox (dfffe01f@gateway/web/freenode/ip.223.255.224.31) has joined #h-c
[21:45] <+T0L3> pake flhsdisk bisa mas
[21:45] <@the_hydra> cuma resikonya, jika RAM pas penuh semua, dan masih ada butuh memory, maka mekanisme OOM (out of memory killer) akan bergerak
[21:45] <doddy> the_hydra> oh iya, swap usahakan ditaruh beda disk dengan root filesystem-->secara fisik kah bukan partisi mas the_hydra
[21:45] <@the_hydra> menghajar aplikasi satu2x sampe free memory cukup
[21:46] <@the_hydra> fisik, yes, mas doddy
[21:46] <@the_hydra> sangpenguasa: free dikit? well, asal hati2x aja
[21:46] <+Penguin-Metal> !ping
[21:46] <sangpenguasa> hhmm.
[21:47] <@the_hydra> soal OOM killer ini, bisa disimak lebih jauh di artikel saya di http://linuxdevcenter.com/pub/a/linux/2006/11/30/linux-out-of-memory.html
[21:47] <samsul> the_hydra: saya pernah dengar, swap tetap diperlukan meskipun RAM kita gede, apa itu benar?
[21:47] <@the_hydra> samsul: betul
[21:47] <@the_hydra> samsul: dengan alasan itu tadi, jaga2 jangan sampe OOM killer bergerak
[21:48] <shadow7777> dampak dari di pakasakan apa .......????
[21:48] <@the_hydra> samsul: soalnya lagian algoritma OOM killer ini gak sempurna, bisa aja aplikasi kita yang penting malah kena kill
[21:48] <@the_hydra> shadow7777: ya aplikasi anda bisa kena kill
[21:48] <@the_hydra> dan kill nya yang jenis SIGKILL
[21:49] <@the_hydra> ngerti kan SIGKILL artinya gmn?
[21:49] <@the_hydra> bukan SIGTERM lho ya
[21:49] <pusing85> g tau om
[21:49] <pusing85> jelasin dong om
[21:49] <north> kurang tahu
[21:49] <@the_hydra> SIGKILL itu ibarat menggorok leher lawan
[21:49] <papacrazy_> exit
[21:49] <@the_hydra> kalau sigterm itu ibarat dipiting jadi masih bisa nyerah ama tap out
[21:49] <doddy> terjadi crash kah mas??
[21:50] <@the_hydra> doddy: crash sih enggak
[21:50] <@the_hydra> doddy: kalau RAM corrupt, misal ECC gak jalan nah itu baru mungkin dalam kasus memory gak cukup
[21:50] <@the_hydra> ok next explanation
[21:50] <north> aplikasi yang terkena sigkill masih bisa dipanggil?
[21:50] <papacrazy_> sigkill = aplikasi mati tanpa ada ba bi bu atau pemberitahuan, bener ga
[21:50] <@the_hydra> kita sekarang bergerak pada caching
[21:50] <@the_hydra> papacrazy_: yes sir
[21:51] <@the_hydra> caching ini intinya sederhana, akses ke disk itu slow
[21:51] <@the_hydra> makanya kalau bolak balik akses data yang sama ke disk, ya lama nya amit2x
[21:51] <@the_hydra> makanya data sekali di akses, akan masuk ke cache
03[21:51] * slamx (724f3211@gateway/web/freenode/ip.114.79.50.17) has joined #h-c
[21:51] <@the_hydra> di linux, cache ini punya nama formal page cache
[21:52] <onan> paging?
[21:52] <@the_hydra> page cache ini men cache sebenarnya bukan cuma isi disk, tp jg konten lain semisal alokasi memory lewat fungsi malloc() di C/C++ dan sejenisnya
[21:52] <@the_hydra> pada statistik /proc/meminfo, teman2x melihatnya sebagai buffers and cached
03[21:53] * dotovr (~dotovr@180.241.106.72) has joined #h-c
[21:53] <@the_hydra> buffers menunjuk pada besaran metadata...atau orang kadang nyebutnya inode yang di cache
[21:53] <mat_batak> test
[21:53] <@the_hydra> sementara cached meng cache isi file
02[21:53] * mat_batak (~mamat@114.79.54.72) Quit (Quit: Lost terminal )
[21:53] <dotovr> weh rame ya om
[21:53] <+T0L3> betul
[21:53] <@the_hydra> contohnya, saat teman2x melakukan find / -iname "heheh*", coba perhatikan nilai buffers yang membesar
[21:53] <dotovr> bacok Mulyana grexxx.... grexxxx.....
[21:54] <@the_hydra> tapi jika melakukan cat /boot/vmlinuz-something maka nilai cached yang membesar
[21:54] <papacrazy_> klo komputer mati, cache nya masih ada ato hilang om ?
03[21:54] * ChanServ sets mode: +o dotovr
[21:54] <@the_hydra> yang pertama , soal find, karena find melakukan pencarian metadata
[21:54] <@the_hydra> kan cuma cari nama file
[21:54] <@the_hydra> nama file tercantum di metadata
[21:54] <@the_hydra> nah ini masuknya di nilai buffers
[21:54] <@the_hydra> papacrazy_: hilang
[21:55] <@the_hydra> kasus kedua soal cat, karena membaca isi file, maka masuk ke cached
03[21:55] * mat_batak (~mamat@unaffiliated/mat-batak/x-2044584) has joined #h-c
03[21:55] * ChanServ sets mode: +v mat_batak
03[21:55] * shadow7777 (6e894f80@gateway/web/freenode/ip.110.137.79.128) has left #h-c
[21:55] <@the_hydra> dengan demikian, jika teman2x melihat salah satu atau dua nilai ini cukup dominan, maka bisa dipastikan komputer sangat intensif melakukan I/O
03[21:55] * wajatmaka (~wajatmaka@118.99.115.29) has joined #h-c
[21:56] <@the_hydra> ini sering yang membawa keheranan, kok PC ane baru nyala free mem dah jeblok?
[21:56] <@the_hydra> itu alasannya, karena selain untuk aplikasi, digunakan untuk caching
[21:56] <@the_hydra> dan caching ini memanfaatkan sebesar besarnya ruang RAM
[21:56] <@the_hydra> jika misalnya nanti dibutuhkan lagi untuk aplikasi, maka kernel cukup memflush saja yang tidak dibutuhkan
[21:57] <@the_hydra> dalam istilah OS, cache itu bisa berada dalam keadaan dirty, artinya berisi data yang belum di sync balik ke disk
[21:57] <@the_hydra> dan satunya yaitu clean, yaitu sudah ditulis balik ke disk
[21:57] <@the_hydra> questions?
[21:57] <onan> apakah semua proses yang sedang berjalan bisa semuanya dialih paksakan ke swap Kakak?
[21:58] <@the_hydra> onan: pake trick sih, coba dd if=/dev/zero
[21:58] <@the_hydra> biarin terus
[21:58] <@the_hydra> entar gak terdesak sebagian ke swap
[21:58] <onan> begitu juga sebaliknya Kak?
[21:59] <@the_hydra> onan: : sudo swapoff -a && sudo swapon -a
[21:59] <papacrazy_> aplikasi bisa di alihkan ke cache kah ?
[21:59] <onan> nanti coba Kak.
[21:59] <@the_hydra> papacrazy_: udah otomatis akan ke cache
[21:59] <@the_hydra> papacrazy_: tapi ya gak semua, karena semua itu ada algoritmanya yang menentukan
02[22:00] * ketem (67f72a72@gateway/web/freenode/ip.103.247.42.114) Quit (Quit: Page closed )
[22:00] <@the_hydra> itulah kenapa pada server yang aktif melakukan I/O, invest ke RAM jg akan membantu mengakselerasi I/O
02[22:01] * doddy (~Acer@115.124.78.179) Quit (Quit: Leaving )
[22:01] <@the_hydra> jadi misal squid nih, ceplokin RAM yang gede, lalu set max object size jg gede, entar kan wuz wuz wuz
[22:01] <@the_hydra> tentunya ya pake fs yang sesuai, misal reiserfs
02[22:02] * aan (670a4009@gateway/web/freenode/ip.103.10.64.9) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[22:02] <@the_hydra> saya akan beralih ke commit limit dan commit as
[22:02] <papacrazy_> maaf oot
[22:02] <papacrazy_> squid selain ke browser bisa di pake buat game online atau aplikasi lain ga om ?
[22:02] <@the_hydra> di dunia virtual memory, ada bedanya antara memory yang "saya minta" dan "saya saat ini butuh"
[22:03] <@the_hydra> "saat ini butuh" disebut working set size
[22:03] <@the_hydra> sementara "saya minta" disebut biasanya commit size
02[22:03] * erlin_cantik (~erlin@180.246.22.233) Quit (Ping timeout: 250 seconds )
[22:03] <@the_hydra> jadi baris "committed AS" menyatakan berapa sih total memory yang diminta ama aplikasi2x kita
[22:04] <@the_hydra> silahkan sambil dicek di masing2x kompnya
[22:04] <pusing85> caranya...??
03[22:04] * dan (724f3767@gateway/web/freenode/ip.114.79.55.103) has joined #h-c
[22:04] <pusing85> maaf nyubie
[22:04] <@the_hydra> sementara commit limit,adalah batasan yg diset oleh kernel linux berdasar algoritma tertentu, berapa yang bisa "saya minta"
[22:04] <@the_hydra> grep -i commit /proc/meminfo
[22:05] <@the_hydra> coba cek juga dengan perintah top
03[22:05] * erlin_cantik (~erlin@180.246.22.233) has joined #h-c
[22:05] <@the_hydra> ada kolom VSZ
[22:05] <@the_hydra> ada jg RES
[22:05] <@the_hydra> VSZ menyatakan yang "saya minta"
[22:05] <@the_hydra> sementara RES "yang saya sedang butuh"
03[22:05] * yafiz (~ACI1@180.251.37.8) has left #h-c
[22:05] <@the_hydra> nilai dua kolom ini kadang bisa berbeda drastis
[22:06] <+mat_batak> CommitLimit:     6058280 kB
[22:06] <@the_hydra> dan itu wajar karena memory yang diminta sering kali belum tentu dipakai semua
[22:06] <+mat_batak> Committed_AS:     531560 kB
[22:06] <@the_hydra> terima kasih pada mekanisme demang paging, memory yang diminta baru akan satu per satu di alokasi pada saat benar2x dibutuhkan
02[22:07] * s3nTinEL (b4f7a591@gateway/web/freenode/ip.180.247.165.145) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[22:07] <@the_hydra> nilai committed AS bisa jadi penanda seberapa agresif aplikasi2x anda meminta memory
[22:07] <@the_hydra> jika sering mepet ama commit limit, mending segera invest RAM lagi
[22:07] <papacrazy_> CommitLimit:     1505124 kB
[22:07] <@the_hydra> daripada terjadi swapping
[22:07] <papacrazy_> Committed_AS:    1699728 kB
[22:08] <papacrazy_> punya ane ga terlalu jauh bedanya om
[22:08] <@the_hydra> papacrazy_: itu bisa jg, karena RAM yang diminta mungkin pas banyak
[22:08] <@the_hydra> papacrazy_: silahkan dilacak lewat script misalnya : ps -e vsz,args | sort -nr | head
[22:09] <@the_hydra> papacrazy_: akan tampil 10 aplikasi terbanyak yang meminta memori
[22:09] <@the_hydra> ganti vsz dengan res untuk menampilkan 10 aplikasi yang terbanyak memakai memory saat ini
02[22:09] * v4mp1r3_r00t (~v4mp1r3_r@180.253.97.246) Quit (Quit: Leaving )
02[22:10] * slamx (724f3211@gateway/web/freenode/ip.114.79.50.17) Quit (Quit: Page closed )
[22:10] <@the_hydra> papacrazy_: maaf maksud saya silahkan dilacak lewat script misalnya : ps -ao vsz,args | sort -nr | head
[22:11] <papacrazy_> WOW
[22:12] <@the_hydra> sial salah lagi, untuk memory yang terpakai ps -ao res,args |sort -nr | head
02[22:12] * zZzZ (~zZzZ@114.79.17.139) Quit (Read error: Connection reset by peer )
[22:12] <+T0L3> gak ape2 om manusia bukan robot :)
[22:12] <+Penguin-Metal> brb lag modem...
[22:12] <@the_hydra> grr salah lagi, ps -ao rss,args
02[22:12] * Goberz (cb4e7b97@gateway/web/freenode/ip.203.78.123.151) Quit (Quit: Page closed )
02[22:13] * +Penguin-Metal (~mardin@unaffiliated/mardin) Quit (Quit: lag modem saya, mau di restart dulu )
[22:13] <@Mulyana> jangan geroki om
[22:13] <@Mulyana> :D
[22:13] <@the_hydra> soalnya sering istilah rss dan res ini dipakai bergantian di ilmu OS
[22:13] <@the_hydra> jadi kadang di winblows, res, linux rss
[22:13] <@the_hydra> kadang dibalik
[22:14] <papacrazy_> yang keluar rss om res ga keluar
[22:14] <@the_hydra> papacrazy_: yep sorry
[22:14] <@the_hydra> ok lanjut ke anonpages
[22:14] <@the_hydra> anon pages, singkatan dari anonymous pages
[22:14] <@the_hydra> adalah jenis page memory yang tidak memiliki backing file di block device
[22:15] <@the_hydra> atau gampangannya, memory hasil alokasi new() atau malloc() di C/C++ dan seterusnya
[22:15] <@the_hydra> jadi bukan hasil caching
[22:15] <@the_hydra> semakin besar nilai ini, artinya aplikasi2x anda makin agresif melakukan alokasi memory riil
[22:15] <@the_hydra> jadi nilai anon pages dikombinasi dengan commited_AS bisa jadi indikator kebutuhan memory sistem kita
[22:16] <@the_hydra> berbeda dengan field "Mapped"
[22:16] <@the_hydra> ini adalah nilai yang menyatakan besaran file yang dimapping di RAM
[22:16] <@the_hydra> istilahnya kedengaran aneh, tp pada prakteknya ini mengarah pada library yang dipakai oleh aplikasi2x
[22:17] <@the_hydra> jadi nilai ini semakin besar, bisa diartikan banyak library yang diload ke RAM
[22:17] <@the_hydra> questions so far?
02[22:17] * opick (724f035c@gateway/web/freenode/ip.114.79.3.92) Quit (Quit: Page closed )
[22:17] <wajatmaka> om, ketinggalan nih perbedaan commitLimit sama commitedAS apa? hehe
03[22:18] * dwiajakokrepot (724f3bf2@gateway/web/freenode/ip.114.79.59.242) has joined #h-c
02[22:18] * Martine (6f5e786a@gateway/web/freenode/ip.111.94.120.106) Quit (Quit: Page closed )
[22:18] <+mat_batak> brb :)
[22:18] <watermelon> utk anon pages, bukannya malloc() itu seharusnya alokasi memory dari vm ?
02[22:18] * +mat_batak (~mamat@unaffiliated/mat-batak/x-2044584) Quit (Quit: Lost terminal )
[22:18] <@the_hydra> wajatmaka: commit limit itu batas max memory yang bisa "saya minta" dari system
06[22:18] * +T0L3 brb tidur nice chat all (y)
02[22:18] * +T0L3 (~Ipx@180.247.123.158) Quit (Quit: Hacker Community - www.hacker-community.org )
03[22:18] * to_ra (6e88a0da@gateway/web/freenode/ip.110.136.160.218) has joined #h-c
[22:18] <@the_hydra> sementara commited AS itu memory yang diminta oleh aplikasi2x
[22:18] <@the_hydra> watermelon: ya jelas dong minta dari virtual memory manager
[22:19] <@the_hydra> watermelon: urutannya sih, abis dari vm manager, di break down ama slab
[22:19] <watermelon> o ic
[22:19] <@the_hydra> lalu di hand down ke user space memory allocator
[22:19] <wajatmaka> ada masalah g mas klo commitedAS lebih besar dai commitlimit?
[22:19] <@the_hydra> silahkan refer ke artikel saya soal OOM killer soal allocator allocator-an ini
[22:19] <watermelon> sip mantap
[22:19] <@the_hydra> wajatmaka: ada, artinya siap2x aja potensi swapping sangat tinggi :D
[22:20] <wajatmaka> the_hydra yang saya g dikasih swap om. jadi kemungkinan besar masalah yg terjadi apa?
02[22:20] * dd0s (~distribut@112.215.65.37) Quit (Ping timeout: 248 seconds )
[22:21] <@the_hydra> wajatmaka: kalau pas butuh memory tapi sisa di RAM gak ada, akan dijalankan OOM killer
[22:21] <@the_hydra> wajatmaka: satu eprsatu aplikasi akan di kill ampe ruang bebas RAM cukup
[22:22] <@the_hydra> wajatmaka: dan algoritma OOM killer ini jgn diharap sempurna, jadi bisa aja aplikasi dengan alokasi RAM kecil malah yg di kill
[22:22] <wajatmaka> the_hydra Ouh pantas....hehe jadi jelas makasih om :)
02[22:22] * to_ra (6e88a0da@gateway/web/freenode/ip.110.136.160.218) Quit (Client Quit )
[22:22] <@the_hydra> wajatmaka: sama2x
[22:22] <@the_hydra> saya akan lanjut bahas soal low total dan high total
[22:22] <watermelon> soal OOM killer, sepengetahuan saya, bukannya sudah ditendang oleh om Linus waktu awal2 versi 2.6 ?
[22:22] <@the_hydra> ini sebenernya kelanjutan bahasan saya soal high memory mapping tadi
[22:22] <@the_hydra> jadi intinya < 896 MB masuk low mem
[22:23] <@the_hydra> dan area < 896 MB masuk high memory mapping
[22:23] <watermelon> kl ga salah waktu 2.6.11 atau atas dikit, om Linus adakan perombakan besar2an utk mengganti memory managementnya toh?
[22:23] <@the_hydra> kernel linux terkini cenderung akan melakukan alokasi pada high mem
03[22:23] * me0ng (~me0ng@114.79.48.103) has joined #h-c
[22:23] <@the_hydra> tujuan nya adalah memberikan ruang seluas nya pada aplikasi2x yang tidak bisa melakukan alokasi di high mem
[22:24] <@the_hydra> contohnya operasi DMA (direct memory access) ke dan dari device/peripheral tertentu
[22:24] <@the_hydra> watermelon: yes, dan masih terjadi ampe sekarang
[22:24] <@the_hydra> watermelon: dengan penggerak utama Peter Ziljstra (redhat) dan Andrea Arcaengeli (SuSE)
[22:25] <@the_hydra> watermelon: juga Rik van Riel (redhat)
[22:25] <@the_hydra> tiga orang ini adalah motor utama virtual memory di kernel linux
02[22:25] * dan (724f3767@gateway/web/freenode/ip.114.79.55.103) Quit (Quit: Page closed )
[22:25] <watermelon> iya .. setau w modul MM diganti versi Andrea Arcaengeli
[22:25] <@the_hydra> dan semuanya pada umuran 30-an
[22:25] <watermelon> sampe menimbulkan kontroversi
[22:25] <@the_hydra> owh biasa itu
02[22:25] * joni__ (b4fbb01f@gateway/web/freenode/ip.180.251.176.31) Quit (Quit: Page closed )
[22:25] <@the_hydra> scheduler jg sama aja
[22:26] <watermelon> tapi jika berganti .. apa bedanya dgn MM yg sebelumnya?
[22:26] <@the_hydra> biasanya soal page aging
[22:26] <watermelon> bukannya kasusnya diganti karena algoritma OOM yg lelet abis itu?
[22:26] <@the_hydra> bukan lelet, tp salah tembak
[22:26] <watermelon> o ic
01[22:26] <shu_shu> kwekkwekw
[22:26] <watermelon> iya
[22:26] <watermelon> w masih ingat server aye asik drop melulu processnya
[22:26] <watermelon> hehe
[22:26] <sapibali> di kernel 3.x ada implementasi mmu_gather preemptible, ada pengaruhnya nggak Om ke OOM ?
[22:27] <@the_hydra> rik van riel melakukan perubahan, memisahkan anonymous page dan non anonymous page ke list berbeda
[22:27] <@the_hydra> jadi saat terjadi scanning, bisa efektif
[22:27] <@the_hydra> sapibali: saya kira tidak
03[22:27] * mardin (~mardin@unaffiliated/mardin) has joined #h-c
03[22:27] * ChanServ sets mode: +v mardin
[22:27] <@the_hydra> sapibali:  itu untuk menekan latency aja saya rasa
03[22:27] * mardin is now known as Penguin-Metal
[22:28] <@the_hydra> sapibali:  soalnya kan operasi2x seperti itu akan mengurangi kesempatan aplikasi user space untuk jalan
03[22:28] * mat_batak (~mamat@unaffiliated/mat-batak/x-2044584) has joined #h-c
03[22:28] * ChanServ sets mode: +v mat_batak
[22:28] <@the_hydra> sapibali: yang pada akhirnya userakan ngomong "kok lelet?"
[22:28] <@the_hydra> memang skrg pelan2x ada merging kode2x real time kernel ke kernel Linux standar
[22:28] <@the_hydra> gunanya adalah agar user merasakan sistem linux makin responsif
[22:28] <@the_hydra> dan ini terjadi di semua area
[22:29] <@the_hydra> scheduler
[22:29] <@the_hydra> I/O disk
[22:29] <@the_hydra> network
[22:29] <@the_hydra> dst
[22:29] <sangpenguasa> faktor terbesar yang membuat applikasi jadi berat itu apa kk
[22:29] <@the_hydra> ya macem2x
[22:29] <@the_hydra> bisa alokasi memorynya yang rakus
[22:29] <@the_hydra> bisa I/O
[22:29] <@the_hydra> bisa juga karena teknik schedulignya yang ngaco
03[22:29] * armin (~budi@223.255.225.22) has joined #h-c
[22:29] <@the_hydra> sangpenguasa: untuk itu mungkin di session lain aja
[22:30] <sangpenguasa> OK2
[22:30] <@the_hydra> ok satu setengah jam sudah lewat, saya permisi di ending dulu karena saya perlu istirahat
[22:30] <watermelon> sbnrnya teknik realtime bukannya malah membuat user interaction jadi tambah krg interaktif ?
[22:30] <watermelon> ow
[22:30] <@the_hydra> namun demikian silahkan bertanya dulu
[22:30] <watermelon> hehe
[22:31] <@the_hydra> maaf performa blom top of the game
[22:31] <watermelon> maksudnya?
[22:31] <@the_hydra> watermelon: relatif
[22:31] <onan> teruskan Kakak, disekolah ngga dapet yang kaya ginian. masih betah.
[22:31] <sangpenguasa> klw Real Time bukannya memerlukan Resource berlebh
[22:32] <@the_hydra> watermelon: tapi saya kira jika interaksi user menurun, pasti akan direject Linus, karena memasuk -rt ke mainline haruslah tidak boleh menurunkan interaktifivitas
[22:32] <wajatmaka> ada log nya g kk ini teh?
[22:32] <watermelon> setau w realtime scheduler lebih diaplikasikan ke embedded system yg memerlukan garansi waktu utk serving
[22:32] <@the_hydra> onan: di sesi kelas saya, ada jg semacam ini
[22:33] <watermelon> serving yg w maksud spt "interrupt" dari hardware
[22:33] <@the_hydra> watermelon: betul garansi, tp user berarti jg kena garansi kan?
[22:33] <@the_hydra> watermelon: for example keypress
[22:34] <watermelon> mmg benar, tapi "interaktif" dari user itu berbeda lo
[22:34] <@the_hydra> watermelon: pada non soft rt, ya udah mau nyampe ke user space kapan, suka2x
[22:34] <@the_hydra> sekedar mengkonfirmasi, saya hanya bilang, beberapa teknik soft real time
[22:34] <@the_hydra> bukan seluruh teknik soft/hard real time di masukkan ke mainline
[22:35] <@the_hydra> wajatmaka: mestinya ada, silahkan kontak om momod
Session Close: Sat Apr 28 22:35:37 2012

Session Start: Sat Apr 28 22:35:37 2012
Session Ident: #h-c
02[22:35] * Disconnected
02[22:35] * Attempting to rejoin channel #h-c
03[22:36] * Rejoined channel #h-c
03[22:36] * Topic is 'Welcome to Hacker Community  -  Hacker solves the problem, not makes it worse!!!! - Website : http://www.hacker-community.org  - Paste : http://paste.hacker-community.org - Repository : http://hacker-community.org/repo - Topic : "Statistic virtual memory in Linux" '
03[22:36] * Set by Mulyana!~Mulyana@unaffiliated/mulyana on Sat Apr 28 19:45:35
03[22:36] * answarkira (6e8ad866@gateway/web/freenode/ip.110.138.216.102) has joined #h-c
[22:36] <onan> masih smp Kakak. kelas 3
[22:36] <@the_hydra> sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih untuk rekan2x yang berpartisipasi
[22:36] <answarkira> haiii salam kenal
[22:36] <@the_hydra> mohon maaf jika ilmu saya masih kurang
[22:36] <wajatmaka> the_hydra siapa om momod nya kk?
[22:36] <onan> kalau boleh mau Kakak. Heheheh.........
[22:36] <@the_hydra> wajatmaka: pak Mulyana dan pak guspur1
[22:37] <me0ng> log nya dong...telat nih tadi... :D
[22:37] <@the_hydra> saya berinisiatif share soal kernel karena saya melihat sangat kurang insan2x IT disini yang masuk ke area ini
[22:37] <+Penguin-Metal> kang Mulyana di log gak ? ane cuman tadi nongol, soalnya lag
[22:37] <@the_hydra> biasanya kalau gak ngomongnya full teknis
[22:37] <@the_hydra> sebaliknya kadang gak karuan ngomongnya
02[22:37] * watermelon (724f0c2d@gateway/web/freenode/ip.114.79.12.45) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[22:37] <@the_hydra> saya pikir kalau saya diam aja, ilmu orang Indonesia bisa kacau
03[22:38] * NOTULEN (724f3b29@gateway/web/freenode/ip.114.79.59.41) has joined #h-c
[22:38] <answarkira> sama mw tanya, gmn canya kita bs mengontrol komputer orang lain dengan wifi
[22:38] <onan> padahal ini fundamental. tapi penjelasannya dibarengi analogi yang sederhana jadi cepet nyerap Kakak,
[22:38] <@Mulyana> hdir
[22:38] <@the_hydra> harapannya setelah ini, energy2x yang lebih muda dari saya segera mau masuk belajar kernel Linux dan menyerap pengetahuan sebanyak banyaknya
[22:39] <@Mulyana> insya allah di logs, cuma ada beberapa yang kepotong waktu koneksi mati
[22:39] <@the_hydra> answarkira: maaf, bukan sesi saya
02[22:39] * sangpenguasa (724f3bf2@gateway/web/freenode/ip.114.79.59.242) Quit (Ping timeout: 245 seconds )
[22:39] <onan> angkat aku jadi murid mu Kakak!
[22:39] <wajatmaka> ngerti makasih om the_hydra .... :D log nya om hihi ketinggalan habis nya tadi..
[22:39] <@the_hydra> onan: ini memang butuh waktu, tp kalau niat, pelan2x pasti bisa
[22:39] <+Penguin-Metal> sama tadi juga lagi log, cuman lag, jadi sebagian kepotong juga
[22:39] <answarkira> terus in forum tentang ap ?
[22:39] <@Mulyana> answarkira : jangan OOT : ini lagi pembahasan , lihat topic nya
02[22:39] * shu_shu (~sangpengu@114.79.58.242) Quit (Ping timeout: 252 seconds )
[22:39] <@the_hydra> saya kembalikan ke mas Mulyana
[22:40] <@the_hydra> semoga ini menebus janji saya terdahulu untuk share ilmu
[22:40] <onan> sering-sering Kakak!
[22:40] <@Mulyana> udah selsai ya om?
[22:40] <pusing85> terima kasih om hydra....
[22:40] <@the_hydra> sekali lagi, kurang lebihnya saya mohon maaf, terutama untuk bahasan yang mungkin dirasa semprul
[22:40] <wajatmaka> sering seing om hehe....
[22:40] <@Mulyana> makasih share nya,
[22:40] <@the_hydra> maaf ini saya blom boleh duduk lama
[22:40] <@Mulyana> ini sangat bermanfaat
[22:40] <me0ng> makasih share nya,
01[22:41] <mandala> makasi mz
[22:41] <wajatmaka> makasih shrae ilmu nya om..
[22:41] <+Penguin-Metal> makasih sharenya om :)
[22:41] <@the_hydra> mungkin next saya akan ajak sama2x membedah kode2x di kernel Linux
[22:41] <@Mulyana> makasih banyak, semoga banyak manfaatnya
[22:41] <sapibali> Om, bentar, bisa jelasin dikit tentang cpucache ndak ?
[22:41] <@the_hydra> dengan bantuan debugger dan emulator
[22:41] <@the_hydra> sapibali: ya?
[22:41] <@the_hydra> cpu cache?
[22:41] <papacrazy_> the_hydra : makasih om udah share :)
[22:41] <danz0> makasih banyak om. n tetep semangat :)
[22:41] <@the_hydra> as of L1 L2 cache?
[22:41] <wajatmaka> pak Mulyana tolong log nya ya pak..
[22:41] <pusing85> saya tunggu ya om...sekalian di kasih tau tools2nya yang diperlukan sebelum mulai acara,biar kita bisa ngikuti
[22:41] <@the_hydra> pusing85: saya upayakan
[22:42] <@the_hydra> sapibali: L1 L2 cache?

Description: LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra Rating: 5 Reviewer: Service Ac Surabaya ItemReviewed: LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra

Anda sedang membaca artikel tentang LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra dan anda bisa menemukan artikel LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra ini dengan url http://pasangacmurah.blogspot.com/2012/04/log-kuliah-online-statistic-virtual.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra sumbernya.
Posted by: Pasang Ac Murah mandala putra dwi admaja Updated at: 08.49


Share your views...

0 Respones to "LOG Kuliah Online - Statistic virtual memory in Linux By the_hydra"

Poskan Komentar

 

© 2012 pasang ac murah All Rights Reserved and Modified By adminutama